Friday, December 27, 2013

Cerdas di Era Informasi: Penerapan Literasi Informasi di Sekolah untuk Menciptakan Pembelajar Seumur Hidup

Tulisan awal disampaikan pada Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa PSTP (Program Studi Teknisi Perpustakaan) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, Surabaya. 14 Desember 2013.  Tulisan pada blog ini ditulis 26 Desember 2013 dan sudah diedit setelah mendapatkan berbagai masukan saat presentasi tanggal 14 Desember 2013 lalu.


Abstrak


Tulisan ini mengangkat konsep dasar literasi informasi di dunia pendidikan formal di sekolah. Latar belakang munculnya konsep literasi informasi, definisi, model-model yang berkembang dan contoh penerapannya juga dibahas. Mengapa literasi informasi penting untuk diterapkan serta strategi penerapan dan tantangannya di dunia pendidikan sekolah juga diungkap dalam artikel ini.


Kata Kunci: literasi informasi, pustakawan sekolah, perpustakaan sekolah, program literasi informasi, program perpustakaan sekolah


Literasi Informasi: Latar Belakang dan Definisi
Tema yang diangkat pada Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa PSTP (Program Studi Teknisi Perpustakaan) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, yaitu Cerdas di Era Informasi menunjukkan dengan tepat bagaimana awam dapat memahami konsep literasi informasi dengan bahasa yang mudah dimengerti. Guna meninjau lebih jauh arti kata dan definisi information literacy, pembahasan dimulai dengan mencari arti dari masing-masing kata tersebut.