Wednesday, March 16, 2011

Library Induction untuk kelas 12

Akhirnya, kesempatan untuk memberikan library skill dalam konteks keterampilan penelitian untuk Kelas 12, terbuka bagi saya. Ini karena manajer perpustakaan sekolah saya berhalangan akibat padatnya jadwal mengajar beliau. Sesi yang diharapkan adalah refreshment tentang pengetahuan perpustakaan dan sedikit keterampilan penelitian kepada Year 12. Selanjutnya, sudah dapat ditebak apa yang terjadi selanjutnya, tugas ini diteruskan pada saya.

Bagi yang kurang familiar dengan program Diploma IB, saya jelaskan sedikit tentang Extended Essay. Program Diploma, IB (International Baccalaureate), menyiapkan para siswanya untuk siap masuk ke dunia universitas dan mengajarkan mereka untuk mempertanyakan pertanyaan yang menantang, belajar bagaimana caranya belajar, mengembangkan 'rasa' identitas dan budaya mereka, serta mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan memahami negara dan budaya lain. Tiga program yang harus diselesaikan oleh siswa IB program Diploma untuk kelas 12 dan 13 adalah: Extended Essays, Theory of Knowledge dan CAS.

Extended Essay adalah tugas penelitian yang harus dituntaskan dalam masa belajar satu tahun (dimulai di Year 12 dan selesai di Year 13. Jadi, kalau Year 12 saat ini sudah mulai tugas EE, maka tahun depan, waktu yang sama, mereka sudah harus mengumpulkan tugas ini untuk diperiksa oleh pemeriksa yang sudah ditentukan oleh IBO). Persyaratan EE ini adalah: laporan penelitian ini tidak lebih dari 4000 kata yang memuat topik dari minat individu siswa serta dikerjakan dalam proses penelitian mandiri dengan tuntutan kualitas keterampilan tulisan seperti yang diharapkan di tingkat universitas.

Nah, Koordinator Extended Essays meminta perpustakaan untuk memberikan satu jam sesi penyegaran tentang bagaimana perpustakaan Dickens mendukung kegiatan penelitian Year 12 ini. Akhirnya saya memutuskan untuk mengadakan pertemuan dengan Koordinator EE.

Hasil Pertemuan

Dari pertemuan singkat ini, saya mendapat sedikit gambaran tentang apa yang diharapakan Koordinator EE dari sesi perpustakaan, yaitu:

1. Research Skills, maksudnya adalah bagaimana para siswa menangani informasi yang begitu banyak di sekeliling mereka. Apalagi sudah menjadi kebiasaan bagi mereka untuk mendapat informasi lewat Blackberry mereka. Jadi, perolehan informasi hanya sejauh kemana mereka meletakkan BB-nya.

2. Library collection, Koordinator EE merasa bahwa siswa perlu diingatkan kalau perpustakaan juga punya koleksi buku-buku dan majalah yang mereka dapat gunakan untuk kebutuhan informasi mereka. Jadi mereka nanti tahu bahwa googling bukan satu-satunya cara perolehan informasi untuk penyelesaian EE mereka.

3. Finding information, Koordinator EE menyebutkan bagaimana cara siswa memperoleh informasi dan memvalidasi informasi yang mereka peroleh, khususnya saat mereka menggunakan search engine di internet.


Mempersiapan Bahan

Saya mempunyai waktu lima minggu untuk menyiapkan bahan presentasi dengan durasi 60 menit dari bahan-bahan hasil diskusi di atas. Malahan waktu ini saya prediksikan akan berkurang dengan adanya masukan dari Koordinator EE bahwa saya harus membuat para siswa ini, do something.

Awalnya saya sudah mempersiapkan kuesioner untuk kelas 13 yang sudah melewati proses pembuatan EE mereka untuk mendapatkan masukan tentang hal-hal apa saja yang mereka alami dalam masa itu. Saya juga sudah menyiapkan kuesioner untuk kelas 12, untuk mendapatkan gambaran bagaimana kemampuan penelitian mereka saat itu.

Namun, saya agak ragu dengan proses penyebaran dan pengumpulan datanya, karena saya harus melakukan pendekatan ekstra ke semua tutor kelas 12 dan 13, apalagi harus disesuaikan dengan assembly timetable mereka.

Saya putuskan untuk menunda penyebaran kuesioner ini dan fokus pada persiapan bahan. Sumber-sumber yang saya gunakan sebagai bahan referensi persiapan adalah:

- Bahan presentasi A Guide to Research Skills yang pernah saya bawakan beberapa tahun lalu
- Research Skills for Students DVD Series yang diproduksi oleh Schlessinger Media, Wynnewood, Pensylvannia, US, yang terdiri dari enam judul:
- Avoiding Plagiarism
- Evaluating Sources
- Media Literacy
- Organiszing Research
- Presenting & Communicating Research
- Searching the Internet

- Beberapa website dari UC Berkeley tentang Teaching Library Internet Workshop; Cornell Library tentang Five Criteria for Evaluating Web pages
- Easybib, untuk informasi tentang membuat Bibliography, Footnote, Reference. Saya bahkan diberikan akses gratis untuk trial . Berharap mereka dapat memanfaatkannya dengan maksimal.

Berikut ini adalah rencana topik yang akan saya masukkan dalam presentasi saya nantinya. Secara keseluruhan, saya akan membagi dua topik besar yaitu:

1. Tentang Perpustakaan Dickens, yang mencakup informasi tentang:
a. Koleksi
b. OPAC: bagaimana cara menggunakannya. Link akses nya saya buat di VLE sekolah, jadi mereka bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja.
c. Layanan Perpustakaan
d. Extended Essays: saya menyiapkan rangkuman hasil EE di selama ini per mata pelajaran.

2. Tentang Penelitian, yang mencakup informasi tentang:
a. Evaluasi website
b. Tips tentang memanfaatkan Google dalam mencari informasi, yang bahannya saya peroleh dari hasil sharing Maria Fe saat pertemuan IB Librarian di Sekolah Pelita Harapan
c. Bagaimana memanfaatkan easybib.com dalam membuat quotation dan bibliography. Saya melihat ini penting untuk menghindari plagiat.

Saya menghasilkan 32 lembar slide yang membosankan. Untuk mendapatkan feedback, saya minta salah satu sahabat saya untuk membacanya. Komentarnya adalah terlalu banyak halaman slidesnya - dengan pertimbangan 30 menit presentasi-, dan para siswa kemungkinan besar tidak mendapatkan apa-apa setelah sesi saya berakhir.

Komentarnya membuat saya terpicu untuk memperbaiki dan menghasilkan presentasi sebaik mungkin. Akhirnya, saya berhasil meringkas presentasi pertama menjadi 16 slides powerpoint yang lebih menarik.

The D day

Sesi untuk kelompok pertama, sekitar 32 siswa kelas 12 duduk mendengarkan saya presentasi. Kira-kira 30 menit saya habiskan waktu untuk berbicara di depan, dan 30 menit selanjutnya, saya meminta mereka untuk mengerjakan tugas yang sudah saya siapkan worksheet nya. Lembar kerja ini berisi 4 pertanyaan untuk mereka isi yaitu:

- Research Question: pertanyaan penelitian yang sudah mereka buat
- Keywords List: daftar kata kunci untuk penelusuran mereka baik di OPAC maupun di search engines dari topik penelitian mereka
- Sources from the library: Sumber-sumber informasi dari perpustakaan Dickens yang akan mereka gunakan untuk penelitian mereka
- Websites: alamat situs yang akan mereka gunakan dan yang nantinya dapat mereka pakai sebagai latihan untuk menggunakan easybib.

Worksheet ini mereka kumpulkan diakhir sesi untuk saya olah lebih lanjut nanti.

Beberapa hari kemudian, Koordinator EE datang kepada saya dan mengatakan para siswa mendapatkan sesi saya berguna. Beberapa diantaranya mendapatkan sumber-sumber informasi yang mereka perlukan di perpustakaan. Ia menginginkan agar hal yang sama saya bagikan di kelompok kedua di minggu selanjutnya. Senang rasanya mendapatkan feedback positif dari hasil kerja keras yang sudah kita buat.

Sebagai penutup, berikut ini beberapa slides dari presentasi saya yang saya ambil sebagai contoh. Sebelah kiri adalah bagian dari 32 slides 'gagal total' pertama dan sebelah kanan adalah perbaikannya. Terima kasih untuk Dape yang membantu saya mengutak-atik slides ini hingga saya bisa menyajikannya disini dengan mudah.











Friday, March 04, 2011

John Danalis

Hari Jumat 25 Februari 2011, BIS mendatangkan seorang penulis yang juga ilustrator dari Australia, John Danalis untuk berbicara di depan siswa kelas 9 dan 12. Secara khusus, John membagikan cerita tentang proses penulisan buku kisah nyata yang inspiratif berjudul Riding the Black Cockatoo.

Buku ini berawal saat John mengambil mata kuliah penulisan kreatif di kampusnya dan menceritakan tentang tengkorak Aborigin yang terpajang di rak diatas perapian rumah keluarga mereka, yang dipanggilnya 'Mary'. Tengkorak itu sudah menjadi bagian keluarga Danalis, hingga suatu saat John dewasa bertanya tentang asal muasalnya dan terpikirkan olehnya untuk mengembalikan ke tempat asalnya. Buku ini bercerita tentang perjalanan mengembalikan 'Mary' ke tempat asalnya ke suku Aborigin.

Suku Aborigin menerima dengan penuh suka cita, karena mereka sangat menghargai nenek moyang mereka. John serta keluarganya diterima dengan hangat dan penuh hormat serta rasa sukacita yang dalam. John diberikan mantel khas yang terbuat dari kulit hewan possum. Mantel kulit possum merupakan pakaian penting dari suku Aborigin sama pentingnya dengan harta pusaka mereka. John diingatkan melalui mantel ini, untuk menyebarkan nuansa hubungan yang erat lewat persahabatan, rasa hormat dan penghargaan dari kaum Aborigin kemana pun John pergi. Dikatakan oleh salah satu suku ini, rasakanlah kehangatan dan kehalusan bulu possum ini sama seperti kehangatan dan kehalusan dari masyarakat suku Aborigin.

Dan.....ya, saya merasakan kehangatan, kelembutan dan kehalusannya.

--Saya, Stefany dan John Danalis --

Konon, untuk satu mantel ini membutuhkan 36 ekor possum.

(http://outbackcooking.blogspot.com/2011_01_01_archive.html)

Kasihan, mudah-mudahan si hewan lucu ini tidak kemudian jadi hewan langka ya.
Tapi asli loh, hangaaattttt, lembuuuutttt, halluuusssss.....