Tentang tambah usia dan tutup usia....

Ulang tahun kali ini terasa berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Mengapa? Karena satu minggu sebelumnya, ada kejadian duka atas berpulangnya Fernando Rudolph Latuputty dalam usia 38 tahun. Setelah seminggu sebelumnya, Joseph Hein Latuputty juga berpulang dalam usia 72 tahun. Keduanya adalah ayah dan anak dari keluarga besar Latuputty.

Melihat makna air mata kedukaan
Mengalami kedukaan yang bertubi-tubi, membuat saya mencoba melihat makna air mata kedukaan:

Air mata mengalir karena kesedihan tidak akan bertemu lagi dengan mereka yang meninggalkan kita.

Air mata mengalir karena penyesalan. Seharusnya saya begitu, seharusnya saya begini. Meskipun pada akhirnya kita disadarkan bahwa semua adalah jalanNya. Jika Ia menghendaki seseorang memiliki umur panjang, separah apapun kondisinya, usianya tetap akan ditambahkan. Begitupun sebaliknya, jika Ia menghendaki seseorang kembali ke pangkuanNya, sebaik apapun usaha manusia, Ia menutup usianya.

Air mata mengalir karena repetisi memori atas orang-orang yang meninggalkan kita tiba-tiba memenuhi nuansa kedukaan kita.

Air mata mengalir karena melihat orang-orang di sekitar kita yang begitu dengan dengan orang-orangn yang berpulang ini bersedih.

Air mata mengalir karena tiba-tiba kita disadarkan bahwa hidup kita sepertinya sia-sia.

Air mata mengalir karena mungkin ada sedikit ketakutan tentang kualitas hidup kita saat ini. Siapkah kita jika waktu kita tiba?



Melihat makna pertambahan usia

Tiada hal lain yang pertama-tama keluar dari doa saya yang paling dalam selain ungkapan syukur pada yang Kuasa. Terasa sekali makna pertambahan usia tahun ini.

Selain itu juga saya bersyukur karena memiliki teman-teman yang sayang dan peduli pada saya dan kehidupan saya. Saay menerima banyak sekali ucapan lewat FB, SMS mapun email dari teman, family, kerabat, kenalan yang berdoa buat saya.

Dalam kesempatan ini saya ingin merangkum dan membagikan pokok doa apa saja yang mereka doakan buat saya:

SELAMAT ULANG TAHUN
Paling banyak pasti mengucapkan selamat ulang tahun, happy birthday, met ultah dan sejenisnya. Saya mensyukuri kalau Tuhan memberi saya satu tahun tambahan lagi.

PANJANG UMUR, SEHAT dan ALL THE BEST
Kemudian doa kedua mereka adalah supaya saya panjang umur, sehat dan all the best.
Saya meng’amini’ doa-doa ini. Siapa sih yang tidak mengharapkan the best dalam kehidupannya?

SUKSES
Selanjutnya, mereka juga mendoakan kesuksesan saya baik dalam pekerjaan, APISI, pelayanan maupun keluarga. Ah..doa ini begitu indah kawan. Tapi saya pikir, kita juga belajar dari kegagalan kan ya? Sama seperti saya belajar dari kesedihan yang baru saja dialami. Biar bagaimanapun, saya mengamini doa teman-teman! Thank you!

DAN LAINNYA...
...kebahagiaan... panjang rejeki... panjang sabar... tambah cantik... ceria selalu… may your dreams come true… cepet dapet jodoh...[waduh] --blackforest cake--... may this day will remind me that i am made special by the Heavenly Father to shine…Go Shine, Hanna... -- selipan Alkitab Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak; ~Mazmur 37:5 ... much older means much bless ... blessings from God for you and your family … wish you a brighter future… makin OK … tambah lincah – cupcakes--…keep smilings… Tuhan menyertai dalam setiap langkah kehidupanmu…talent utk mencerdaskan manusia Indonesia berhasil… His wonderful love always be with you… all the good things will be happen in ur new age...and God always be with u n Family… karunia dan rahmatnya slalu berlimpah utkmu dan keluarga… semua yang dikerjakan dibuat Tuhan berhasil…

Melihat langkah ke depan
Pengalaman kedukaan sesaat sebelum mensyukuri pertambahan usia, menyadarkan saya bahwa hidup kita adalah karunia dan pemberian dari Yang Kuasa.

Dan saya juga melihat bahwa usia adalah sebatas angka. Hal yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memaknai hidup ini. Bagaimana hidup ini dapat dipakai bukan saja untuk diri sendiri, tapi hidup ini juga bermakna bagi orang lain.

Tak kutahu kan hari esok…seperti bait lagu yang sering dinyanyikan, saya juga tidak tahu apa yang akan terjadi hari esok. Saya hanya ingin berjalan bersama Dia. Satu hal yang selalu saya syukuri adalah bahwa Tuhan itu baik dalam kehidupan saya, dan saya melihat secara nyata kasihNya serta saya alami kasih dan pemeliharannNya setiap hari.

Saudara, keluarga, teman, kerabat, sahabat, kenalan, semuanya….terima kasih untuk doanya di hari ulang tahun saya!

Salah satu berkat yang terindah dalam hidup hidup saya adalah memiliki kalian dalam kehidupan saya saat ini.

Comments